Contoh kasus Manajemen Proyek Sistim Informasi. Proyek Sistem Informasi Adalah Aktivitas/kegiatan yang telah direncanakan untuk diselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan dan didalamnya di alokasikan budgetnya serta mempunyai tujuan yang khusus yang berhubungan dengan perangkat lunak/Sistem informasi dalam suatu sistemkomputer.
Karena kesuksesan suatu proyek ditentukan dari bagaimana kita me-manajemen proyek tersebut, yaitu kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengambil keputusan dan mengendalikan sumber daya organisasi perusahaan, sehingga dapat mencapai tujuan sesuai dengan harapan dari proyek itu sendiri.
Inisialisasi :
mengenali dan memulai proyek baru Minimarket
Perencanaan :
memberikan panduan pelaksanaan seperti kontrak tim, pembagian ruang lingkup pekerjaan (programmer : persiapan software yang dibutuhkan, system analyst : perencanaan skema system informasi, dll), jadwal proyek, daftar resiko yang sudah diprioritaskan
Pelaksanaan/Executing :
Melaksanakan perencanaan proyek (programmer : coding / pembuatan system informasi, system analys : membuat alternative dari permasalahan yang dialami programmer (membuat solusi error code programmer))
Pengendalian Proyek :
laporan status dan perkembangan/progress
Penutupan Proyek :
implementasi system informasi ke stake holder dan customer
a. Scope Manajemen (pandangan)
Pemilihan individu yang ahli dalam bidangnya masing-masing. Dengan menentukan scope, maka setiap pihak akan mengerti batasan-batasan dalam pekerjaannya
b. Time Manajemen (waktu)
Membuat timeline pengerjaan proyek sehingga definite beginning dan definite end dapat ditentukan
c. Cost Manajemen (biaya)
Membahas estimasi biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek, biasanya biaya yang kecil dengan kualitas yang baik sangat diinginkan oleh konsumen
d. Quality Manajemen (kualitas)
Kualitas yang dihasilkan oleh perusahaan dalam membuat proyek tersebut
e. Communication Manajemen
Mengatur bagaimana komunikasi berjalan sehingga proyek bisa berjalan dengan lancar.
f. Risk Manajemen
Menganalisa resiko apa yang mungkin muncul dan bagaimana menghadapinya
g. Procurement Manajemen
Membahas mengenai manajemen pengadaan proyek tentang pemilihan konsultan maupun kontraktor secara tepat