Pages

Portal Berbagi, Kata-kata mutiara, Kata kata bijak, Kata Kata Motivasi, Kata Kata Romantis, Kata Kata Cinta, Contoh Soal Psikotes, Contoh Resensi, Contoh Moto Hidup, Contoh Surat Resmi,

19/09/15

Contoh Teks Prosedur kompleks

Contoh Teks Prosedur. Sobat SE, Untuk ulasan kali ini admin akan sedikit berbagi mengenai contoh tek prosedur. untuk membuat teks prosedur anda sebelumnya harus paham dahulu apa yang dimaksud dengan tek prosedur dan apa saja yang harus diperhatikan. mari kita simak ulasan berikut ini. Teks Prosedur Kompleks adalah suatu teks yang menjelaskan langkah-langkah/tahap-tahap atau prosedur yang harus dilakukan oleh seseorang demi mencapai suatu tujuan. Teks Prosedur ini memiliki ungsi sosial menjelaskan bagaimana sesuatu tersebut bisa dibuat atau dilakukan dengan langkah-langkah yang urut.

           
Struktur teks prosedur kompleks, antara lain :

  • Judul
  • Tujuan
  • Alat dan bahan
  • Tahapan/langkah-langkah

Kaidah teks prosedur kompleks, antara lain :

1. Ada penomoran yang menunjukkan urutan atau tahapan

2. Ada kata kerja yang menunjukkan perintah (imperatif)

3. Kata yang menunjukkan kondisi

4. Partisipan secara umum

5. Verba material/tingkah laku
6. Konjungsi temporal (waktu)


Contoh teks prosedur kompleks


Contoh Teks Prosedur
Contoh Teks Prosedur 

Proses Membuat eKTP
  1. > Ambil nomor antrean
  2. > Tunggu pemanggilan nomor antrean
  3. > Menuju ke loket yang ditentukan
  4. > Entry data dan foto
  5. > Setelah pembuatan KTP selesai
  • Penduduk datang ke tempat pelayanan membawa surat panggilan
  • Petugas melakukan verifikasi data penduduk dengan database
  • Foto (digital)
  • Tandatangan (pada alat perekam tandatangan)
  • Perekaman sidik jari (pada alat perekam sidik jari) & scan retina mata
  • Petugas membubuhkan TTD dan stempel pada surat panggilan yang sekaligus sebagai tandabukti bahwa penduduk telah melakukan perekaman foto tandatangan sidikjari.
- Penduduk dipersilahkan pulang untuk menunggu hasil proses pencetakan 2 minggu setelah Pembuatan.

Cara Membuat Bakso
BAHAN:
300 Gr Daging Sapi ,3 Sdm Tepung Kanji ,3 Buah Bawang Putih, Dihaluskan,1 Butir Telur(Putihnya Saja),1 Sdt Baking Powder ,1 Sdt Garam Halus,1 Buah Maggi Blok,Merica Bubuk Secukupnya,Pala Bubuk Secukupnya,Air Secukupnya

Pembuatan:
Pertama,Aduk Semua Bahan Diatas Dengan Blender Sampai Tercampur
Rata Dan Lembut,Ulangi Berkali-Kali
Kedua,Setelah Halus Dan Merata, Bentuk Menjadi Bulatan-bulatan Bakso
Dengan Menggunakan 2 Buah Sendok Kecil.
Ketiga, Siapkan air lalu masukkan satu-persatu Bulatan-bulatan Bakso yang sudah dibentuk,tunggu sampai masak.

Contoh Teks Prosedur Kompleks 


Membuat Pupuk Kompos Sendiri
Pupuk kompos adalah jenis pupuk alami yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti sampah daun dan juga kotoran hewan. Pupuk kompos akan membuat tumbuhan bisa tumbuh dengan baik dan tanah pun menjadi gembur. Pupuk kompos sebenarnya bisa dibuat sendiri dengan alat dan cara yang mudah.
Untuk menghasilkan pupuk kompos buatan sendiri yang baik dan berkualitas berikut bahan dan langkah pembuatannya.
  1. Siapkan bahan dan alat seperti kotoran ternak, jerami yang dicacah, air, arang sekam, sampah daun, bubuk gergaji, EM4, gula pasir, cangkul, sekop, karung goni, dan sarung tangan.
  2. Siapkan media untuk membuat pupuk yang terlindung dari sinar matahari dan hujan.
  3. Buatlah larutan dekomposer caranya larutkan gula dengan EM4 di dalam air.
  4. Buat lapisan pertama, aduk rata campuran arang sekam dengan kotoran ternak kemudian ditambahkan dekomposer dan diaduk sampai rata.
  5. Buatlah lapisan kedua, taburkan bubuk gergaji, sampah daun, dan cacahan jerami sampai rata kemudian sirami lagi dengan dekomposer.
  6. Tutup rapat bahan tersebut dengan menggunakan karung goni.
  7. Lakukan pengadukan bahan sampai merata di hari kedua.
  8. Lakukan pemeriksaan setiap pagi dan sore, caranya adalah dengan memasukan tangan ke dalam adonan pupuk dengan menggunakan sarung tangan, jika terasa panas dan tangan tidak bisa menahan rasa panasnya maka adonan pupuk belum siap untuk digunakan.
  9. Periksa adonan pupuk di hari keempat (umumnya sudah siap pakai di hari keempat), bila tangan sudah bisa menahan rasa panasnya, maka pupuk sudah siap pakai.
Berdasarkan contoh di atas , apakah teks di atas termasuk ke dalam teks prosedur kompleks? Teks tersebut berjudul “Membuat Pupuk Kompos Sendiri”. Judul teks sudah menunjukan bahwa isi teks mengarah pada prosedur pembuatan sesuatu yaitu pupuk kompos. Isi dari teks juga menunjukan tentang tujuan yaitu untuk menghasilkan pupuk kompos buatan sendiri yang baik dan berkualitas serta berisi langkah-langkah pembuatan pupuk kompos itu sendiri. Bahan dan alat juga tercantum dalam teks ini. Langkah-langkah juga dituliskan secara runtut dan jelas. Isi teks tersebut sudah termasuk ke dalam teks prosedur kompleks.

Analisis Teks Prosedur Kompleks


Analisis teks prosedur kompleks perlu dilakukan untuk mendapatkan pengertian dan pemahaman teks secara benar. Analisis berfungsi sebagai penelaahan pada bagian-bagian dari teks prosedur kompleks. Analisis yang akan dilakukan dalam materi kali ini adalah analisis isi teks prosedur kompleks.
Teks prosedur kompleks bisa disajikan dalam bentuk makalah tertulis yang disusun secara teratur. Teks prosedur kompleks juga bisa disajikan dalam bentuk presentasi lisan dengan menggunakan media slide. Hasil presentasi tersebut kemudian bisa didiskusikan bersama di kelas. Misalnya teks prosedur kompleks tersebut berhubungan dengan langkah-langkah untuk bisa belajar dengan maksimal sehingga setiap mata pelajaran tidak hanya bisa dipahami tetapi juga bisa dikuasai. Diskusi akan banyak membantu untuk menambahkan kekurangan dari teks prosedur kompleks yang sudah dibuat.
Untuk menganalisis isi teks prosedur kompleks bisa dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek berikut.
  1. Isi teks mengandung kalimat perintah atau imperatif.
  2. Berisi langkah-langkah pembuatan, proses, atau cara untuk membuat dan menggunakan sesuatu.
  3. Memiliki tujuan dari prosedur yang dilakukan,yakni agar pembaca mudah memahami, dan mudah menerapkannya.
  4. Memaparkan bahan dan alat yang digunakan yang digunakan untuk melakukan langkah-langkah yang terdapat dalam teks prosedur kompleks.
  5. Berisi langkah-langkah yang berturutan(sistematis).

Kesimpulan

Dari hasil analisis di atas dapat kita simpulkan bahwat Teks prosedur kompleks merupakan jenis teks yang berisi tahapan-tahapan dalam sebuah kegiatan tertentu atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan sebuah kegiatan atau pekerjaan dan untuk mencapai tujuan secara urut atau runtut.

Demikianlah pembahasan mengenai contoh teks prosedur Mudah-mudahan bermanfaat dan terimakasih. :)
Facebook Twitter Google+
Back To Top