Pages

Portal Berbagi, Kata-kata mutiara, Kata kata bijak, Kata Kata Motivasi, Kata Kata Romantis, Kata Kata Cinta, Contoh Soal Psikotes, Contoh Resensi, Contoh Moto Hidup, Contoh Surat Resmi,

15/09/15

Contoh Teks Eksposisi

Contoh teks Eksposisi. Sobat SE,  Kali ini admin akan mengulasi sedikit mengenai teks Ekposisi, mungkinkalian sudah faham dan mengerti mengenai teks eksposisi, Biar Pengetahuannya Lebih mantap dan Benar-benar difahami, Admin akan sedikit berbagi Contoh Teks Eksposisi. Tapi Sebalumnya Silahkan simak ulasan sbb:

PengertianTeks Eksposisi

Pengertian teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi. Contoh-contoh teks eksposisi dapat dilihat berita-berita atau koran, namun contoh eksposisi dapat dilihat dibawah ini tetapi sebelum itu mari kita pelajari teks eksposisi lebih dalam dengan melihat jenis, ciri-ciri struktur dan tujuan eksposisi antara lain sebagai berikut... 

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

  • Eksposisi definisi
  • Eksposisi Proses
  • Eksposisi Klasifikasi
  • Eksposisi Ilustrasi
  • Ekskposisi Perbandingan
  • Eksposisi Laporan 

Ciri-Ciri Teks Eksposisi 

  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan 
  • Gaya informasi yang mengajak 
  • Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku 
  • Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca 
  • Fakta dibakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi 
  • Struktur Teks Eksposisi
  • Tesis (Pembukaan)
  • Argumentasi (Isi)
  • Penegasan Ulang (Penegasan ulang)
  • Tujuan Teks Eksposisi
  • Tujuan teks eksposisi adalah untuk memaparkan atau menjelaskan infomasi-informasi tertentu sehingga pengetahuan para pembaca bertambah.
Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi


Contoh Teks Eksposisi

Mangga dan Agroklimat

Mangga adalah tanaman buah dengan tingkat ketergantungan yang tinggi pada agroklimat. Ada tanaman buah yang tidak begitu tergantung pada faktor agroklimat, misalnya nangka dan alpukat. Ada juga yang tingkat ketergantungannya pada agroklimat sangat tinggi, misalnya apel. Hampir tak ada tanaman yang dapat seratus persen bebas dari faktor agroklimat, kecuali tanaman itu dibudidayakan dalam green house yang tersolir dari udara luar dan lengkap dengan pengatur suhu dan kelembapan. Mangga memang tanaman buah tropis, tetapi dia justru tidak menyukai kelembapan dan curah hujan yang tinggi. Itulah sebabnya buah itu kemudian dibudidayakan di kawasan guru seperti Meksiko, Mesir, dan Israel, atau di kawasan subtropis seperti Australia dan Taiwan. Pokoknya, semakin kering dan panas suatu kawasan, tanaman mangga semakin menyukainya. Di Indonesia pun mangga hanya dapat tumbuh baik di dataran rendah dengan curah hujan sedikit seperti Indramayu, Pasuruan, dan Probolinggo 
Meskipun menyukai kawasan kering dengan udara panas, mangga tetap memerlukan banyak air. Unsur utama untuk membentuk buah memang air, udara (CO2) dan unsur hara. Dari tiga unsur tersebut, air diperlukan tanaman mangga dalam jumlah paling banyak. Oleh sebab itu, meskipun udara di Pasuruan dan Probolinggo cukup panas dan kering, air tanahnya cukup dangkal sehingga cocok untuk tanaman mangga. Di luar Jawa, kawasan yang agroklimatnya seperti itu antara lain di daerah lembah palu. 
Di dataran rendah yang kering, tanaman mangga dapat menerima sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah. Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang dihasilkan. Itulah sebabnya kawasan gurun dapat menghasilkan buah mangga yang cukup manis. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, tanaman mangga dapat leluasa membentuk karbohidrat dan gula. 
Indonesia yang terletak di kawasan tropis memang mempunyai banyak variasi agroklimat. Ada kawasan yang ekstrem kering, ada juga yang ekstrem basah. Ada dataran tinggi yang dingin, ada pula dataran rendah yang panas. Kontur basah yang menggelombang dan berbukit-bukit juga menguntungkan karena memudahkan sistem pengairan dengan menggunakan sistem gravitasi-namun menggunakan mesin-mesin yang berat. Akan tetapi, secara keseluruhan, agroklimat di Indonesia sangat menguntungkan bagi pengembangan agrobisnis modern. 
Kondisi agroklimat yang menguntungkan itu kadang-kadang justru bisa berbalik menjadi ancaman. Selama ini kita selalu membanggakan tanah air kita yang subur dan makmur. Kita juga membanggakan jumlah koleks plasma nutfah mangga kita yang mencapai peringkat nomor dua di dunia setelah India. Akan tetapi, diam-diam Thailand, Mesir, Taiwan, dan Australia mengebunkannya. Di Australia tersedia lahan yang sangat luas, modal yang sangat besar, teknologi yang sangat canggih, dan agroklimat yang cocok untuk mangga. Oleh sebab itu, kita akan ketinggalan kalau hanya mengandalkan kondisi agroklimat yang "subur makmur"

 Hapuskan UN

  1. Sudah diketahui oleh semua orang bahwa pendidikan formal itu penting. Dan untuk mengakhiri suatu pendidikan formalagar seorang siswa atau siswi dapat melanjutkan pendidikannya ke janjang yang lebih tinggi, dibutuhkan suatu evaluasi, berupa ujian akhir. Ujian akhir inilah yang nantinya menentukan seorang siswa pantas tidaknya lulus dari suatuu pendidikan formal
  2. Ujian Nasional atau yang lebih dikenal dengan UN merupakan salah satu contohnya. Walaupun banyak keluhan yang berdatangan menganai kerugian pelaksanaan UN, namun tidak dapat dipungkiri kalau UN juga banyak memberi dampak positif di segala bidang.Maka dari itu,saya memiliki keyakinan yang kuat bahwa UN tidaklah harus dihapuskan, melainkan harus terus dijalankan.
  3. Kayakinan itu tentu beralasan. Dengan adanya UN, siswa maupun siswi yang melaksanakannya, akan memiliki motivasi yang tinggi untuk terus belajar. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya siswa yang menikuti les atau bimbel, demi meningkatkan kemampuan mereka. Dan dengan adanya UN juga menguntungkan bagi siswa yang ingin masuk PTN, karena sebagian besar PTN menerima siswa dengan melihat hasil nilai UN mereka.
  4. Tidak hanya siswa, namun UN juga menguntungkan para guru. Dari adanya program UN, disinilah kreativitas seorang guru dipacu bagaimana agar siswa dan siswi mereka mengerti akan materi yang akan di-UN-kan. Seorang guru pasti akanmendapatkan banyak informasi dan pengetahuan mengenai berbagai macam hal yang bisa mereka jadikan bahan ajar untuk siswa yang mereka bimbing.Contohnyaa mereka akan lebih menguasai materi pembelajaran, strategi pembelajaran, dan cara yang cepat untuk meningkatkan nilai siswanya.
  5. Sekolahpun mendapat imbasnya. Predikat suatu sekolah akan meningkat dimata pemerintah,apabila nilai rata-rata UN siswa di sekolah tersebut tinggi. Dan UN pula dapat dijadikan alat penelitian sekolah untuk melihat sejauh mana prestasi siswa dan siswi di sekolah tersebut, yang bisa dijadikan sebagai tolak ukur untuk meningkatkan kinerja sekolah.
  6. Dengan adanya UN, pemerintahpun mendapatkan data yang penting tentang mutu pendidikan di daerahnya. Dengan demikian, data tersebut tentupemerintah akan dapat lebih memperhatikan pengontrolan terhadap penyelenggaraan pendidikan.
  7. Penerapan UN ini haruslah terus dijalankan. Seperti yang saya katakan sebelumnya, dampak positif yang dapat diakibatkan oleh program UN sangatlah banyak. Maka dari itu saya menyakini kalau UN tidak boleh dihapuskan.

PERBAIKAN
Jangan Hapuskan UN
  1. 1) Sudah diketahuai oleh semua orang bahwa pendidikan fornal itu penting. Untuk mengakhiri satu jenjang pendidikan fornal dan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dibutuhkan suatu evaluasi berupa Ujian Nasional.
  2. Ujian Nasional atau yang lebih dikenal dengan UN merupakan salah satu contohnya. Walaupun banyak keluhan yang berdatangan mengenai kerugian pelaksanaan UN, namun tidak dapat dipungkiri kalau UN juga banyak memberi dampak positif di segala bidang. Untuk itu, saya memiliki keyakinan yang kuat bahwa UN tidak harus dihapuskan, melainkan harus terus dijalankan.
  3. Ketakinan itu tentu beralasan. Dengan adanya UN, siswa maupun siswi yang melaksanakannya akan memiliki motivasi yang tinggi untuk terus belajar. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya siswa yang mengikuti les atau bimbel demi meningkatkan kemampuan mereka. Dengan adanya UN juga menguntungkan bagia siswa yang ingin masuk PTN, karena sebagian besar PTN menerima siswa dengan melihat hasil nilai UN mereka.
  4. Tidak hanya siswa, namun UN juga menguntungkan para guru. Dengan adanya program UN, disinilah kreativitas seorang guru dipacu bagaimana agar siswa dan siswi mereka mengerti akan materi yang di-UN-kan. Seorang guru pasti akan mencari banyak informasi dan pengetahuan mengenai berbagai macam hal yang bisa mereka jadikan bahan ajar untuk siswa yang mereka bimbing. Contohnya mereka akan lebih menguasai materi pembelajaran, strategi pembelajaran, dan cara yang tepat untuk meningkatkan nilai siswa.
  5. Sekolahpun mendapat imbasnya. Predikat suatu sekolah akan meningkat dimata pemerintah, apabila nilai rata-rata UN siswa di sekolah tersebut tinggi. UN juga dapat dijadikan alat untuk meneliti sejauh mana prestasi siswa dan siswi di sekolah tersebut, yang bisa dijadikan sebagai patokan untuk meningkatkan kinerja sekolah.
  6. Dengan adanya UN pemerintah bisa mendapatkan banyak data yang penting tentang mutu pendidikan di daerah itu. Dengan adanya data tersebut tentu pemerintah akan dapat lebih mengontrol penyelenggaraan pendidikan.
  7. Dengan demikian, penerapan UN ini membawa dampak positif di segala bidang. Oleh karena itu, saya meyakini bahwa UN merupakan satu-satunya model evaluasi yang efektif di gunakan dan patut untuk terus dilaksanakan.

Demikianlah Sedikit Ulasan mengenai Contoh teks Eksposisi Semoga bermanfaat, terimakasih  
Facebook Twitter Google+
Back To Top