Pages

Portal Berbagi, Kata-kata mutiara, Kata kata bijak, Kata Kata Motivasi, Kata Kata Romantis, Kata Kata Cinta, Contoh Soal Psikotes, Contoh Resensi, Contoh Moto Hidup, Contoh Surat Resmi,

05/04/15

Contoh Surat Pengunduran Diri Terbaik

Contoh Surat Pengunduran Diri. Sahabat SE, kali ini admin akan sedikit membahas mengenai surat pengunduran duri . Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menulis atau membuat surat pengunduran diri. Yuk kita simak ulasan berikut ini: 

Untuk penulisan Surat Resign ini sama halnya dengan menulis surat lamaran pekerjaan, imana kita harus memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar, atau sebaliknya jika anda ingin memakai bahasa inggris harus yang baik dan benar secara baku. Isi dari surat pengunduran diri ini harus juga memakai tata krama yang sopan agar tidak menimbulkan esalah pahaman antara kita, teman sekantor dan atasan kita tentunya.

Contoh Surat Pengunduran Diri
Contoh Surat Pengunduran Diri


Contoh surat resign,  ada beberapa hal yang menurut saya penting dan harus anda ketahui dalam menulis surat resign/pengunduran diri. Hal – hal penting yang saya maksud dalam ketika anda ingin mengajukan surat resign tersebut adalah :


  1. Tulislah surat pengunduran diri anda dengan singkat, jelas dan padat, dan usahakan bahasa yang anda gunakan adalah bahasa yang manis dan sopan.
  2. Agar tidak menimbulkan tanda tanya besar dan pemikiran negatif oleh atasan dan teman kantor anda , tidak ada salah nya jika anda memberikan ucapan terima kasih, rasa bangga, dan pujian secukupnya untuk perusahaan dan rekan-rekan seperjuangan anda di kantor yang akan anda tinggalkan.
  3. Ada baiknya jika anda tetap merahasiakan dan tidak membeberkan secara rinci di dalam lisan maupun tulisan mengenai alasan mengapa anda memilih mengundurkan diri.
  4. Sebelum anda benar-benar berhenti untuk bekerja, berilah kesempatan kepada atasan dan teman kerja anda untuk mencari pengganti anda. Biasanya perusahaan juga akan meminta waktu agar anda bersedia untuk melakukan training pengalihan kerja kepada orang atau karyawan yang akan menggantikan anda.
  5. Berikan kenang-kenangan atau cinderamata jika perlu agar anda juga meninggalkan kesan yang baik di perusahaan yang akan anda tinggalkan tersebut.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum menulis surat pengunduran diri. Sebagai bahan referensi untuk anda, saya akan membuat contoh surat pengunduran diri/resign khusus untuk karyawan seperti yang ada dibawah ini :




TIPS MENULIS SURAT PENGUNDURAN DIRI



  1. Isi surat harus jelas dan tidak bertele tele.
  2. Sebutkan alasan pengunduran diri dengan singkat dan jelas
  3. Terdapat ucapan terimakasih kepada perusahaan, pimpinan dan karyawan lain yang akan anda tinggalkan. Karena bagaimanapun juga anda pernah bekerja bersama diperusahaan yang akan anda tinggalkan.
  4. Sampaikan permohonan maaf anda ke perusahaan, atasan dan karyawan lainnya. Selama anda bekerja tentunya anda pernah melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak.

FORMAT UMUM SURAT PENGUNDURAN DIRI


Nama Kota, Tanggal Bulan Tahun

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Nama Perusahaan
Alamat Perusahaan
Nama Kota

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya (nama Anda) bermaksud untuk mengundurkan diri dari (nama perusahaan tempat Anda bekerja) sebagai (jabatan terakhir Anda di perusahaan), terhitung sejak tanggal (tanggal pengunduran diri Anda).

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang didapatkan pada saya untuk bekerja di (nama perusahaan tempat Anda bekerja ). Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen (nama perusahaan Anda bekerja) jika ada kekeliruan ataupun kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharapkan selalu (nama perusahaan tempat Anda bekerja) dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.


Hormat saya,



Nama Lengkap Anda

Purwokerto, 14 Maret 2014

CONTOH SURAT RESIGN


Contoh Surat Pengunduran Diri
Contoh Surat Pengunduran Diri



Kepada Yth,
Dir. HRD PT. Bintang Angkasa
Di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama:Galih Susanto
Departemen:Staff Administrasi
Jabatan:Karyawan
No.Karyawan:1283568465

Berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) PT. Bintang Angkasa  tentang kekaryawanan dan Undang–Undang tenaga kerja maka saya dengan berat hati bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri.

Niat saya ini berlandaskan pada kesadaran akan kesehatan saya sekaligus saya dan keluarga harus pindah keluar kota disebabkan ada persoalan keluarga yang tidak dapat saya ceritakan dalam surat ini.

Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif dari siapapun. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak–hak saya sesuai ketentuan yang telah berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Galih Susanto

Berikut ini akan disajikan contoh surat pengunduran diri bahasa indonesiayang bisa menjadi bahan untuk anda pertimbangkan.

Purwokerto, 14 Maret 2014

Kepada Yth:

Manager

PT. Bintang Angkasa



Dengan hormat,

Bersama surat ini saya, Galih Susanto bermaksud mengundurkan diri dari PT. Bintang Angkasa sebagai Marketing Cabinet Export terhitung mulai tanggal 17 Maret 2014.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Bintang Angkasa. Dengan ini pula saya meminta maaf seluruh karyawan dan segenap jajaran manajemen PT. Bintang Angkasa apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Saya berharap, PT. Bintang Angkasa terus maju dan berkembang lebih baik.



Hormat saya.

Galih Susanto

SURAT PENGUNDURAN DIRI DENGAN BAHASA INGGRIS 




Purwokerto, 14 Maret 2014
To
Mr. Budiman


With Respect
With regret, I am sending this letter of resignation.
Please kindly accepted this letter as my official letter of resignation from
Web Designer position, starting from March 14, 2014.

I appreciate as much as possible the opportunity
provided as part of PT. Bintang Angkasa for approximately one year. Not to forget I apologize to all the management of PT. Bintang Angkasa if there are things that are not good I have done while working at PT. Bintang Angkasa.

Hopefully PT. Bintang Angkasa will be more successful in the future.
When PT. Bintang Angkasa still need my energy on the transition period, I will be happy to help.

Your Sincerely,

(Galih Susanto)

 5 Tips Menuslis Surat Pengunduran Diri sekedar untuk jaga-jaga agar anda bisa menulis surat resign secara baik dan benar, dan dibawah ini anda bisa baca tipsnya secara detail :

  1. Surat pengunduran diri harus sangat tepat dan to the point. Tidak perlu bertele-tele seperti saat anda menulis sebuah dokumen resmi. Buatlah dengan singkat dan menyebutkan surat pengunduran diri di baris subjek dari surat.
  2. Sebutkan waktu atau tanggal ketika anda ingin mulai mengundurkan diri. Buatlah juga referensi pemberitahuan seperti yang disebutkan dalam kontrak kerja dan beritahukan juga bahwa anda masih akan bekerja sampai pada batas periode.
  3. Meskipun banyak orang cenderung ingin memberikan opini dan pandangan negatif mereka kepada manajer atau atasan mereka, orang yang bijaksana tidak akan pernah melakukannya. Tidak peduli seberapa anda puas dengan atasan, bertindaklah seperti seorang profesional. Jangan menggunakan kalimat yang mungkin terasa merendahkan atau ofensif kepada atasan.
  4. Berikan secara singkat dan sebutkan alasan pengunduran diri dalam satu atau dua baris. Penjelasan atau alasan pengunduran diri harus menunjukkan kesopanan dan profesionalisme yang sangat dihargai dalam dunia usaha.
  5. Orang-orang yang telah menikmati pekerjaan mereka dan harus meninggalkan pekerjaan untuk alasan lainnya, selalu dapat menyebutkan betapa besar pengalaman yang telah mereka dapatkan. Tak lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk anda.

Demikian untuk informasi hari ini mengenai cara membuat Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja. semoga bermanfaat 
Facebook Twitter Google+
Back To Top