Pages

Portal Berbagi, Kata-kata mutiara, Kata kata bijak, Kata Kata Motivasi, Kata Kata Romantis, Kata Kata Cinta, Contoh Soal Psikotes, Contoh Resensi, Contoh Moto Hidup, Contoh Surat Resmi,

24/04/15

Contoh Pidato Hari Guru Yang Singkat dan Benar | Ucapan Selamat Hari Guru | DP BBM Hari Guru

Pidato Hari Guru  –  Sahabat Cerpi pada kesempatan kali ini Ceramah Pidato akan berbagi artikel mengenai contoh pidato hari guru, yup setiap tanggal 25 Nopember kita memperingati hari guru nasional, dan dalam setiap peringatan hari guru itu ada rangkaian acara, diantaranya adalah pidato, nah buat anda yang sedang mencari referensi pidato hari guru terbaru yang benar dan singkat, berikut ini contoh pidato hari guru:

Pidato Hari Guru Singkat
Assalamualikum wr.wb.
Yang kami hormati Bapak, Ibu guru, serta teman-teman sekalian.  Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya kita dapat berkumpul di hari ini.
Tema kita hari ini ialah tentang “Hari Guru” yang jatuh tepat pada tanggal 25 November.  Pada hari ini kami semua menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu guru yang telah mengabdikan diri sabagai pendidik.  Berkat pengabdian Bapak dan Ibu guru yang telah dicurahkan kepada kami, kami dapat mencapai hasil yang baik.  Dengan bimbingan Bapak dan Ibu guru seolah-olah kami merasa berada di bawah pengawasan dan asuhan orang tua kandung sendiri.  Hal ini tidak lain karena antara kami dan Bapak, Ibu guru telah menjalin ikatan yang erat.  Saya mewakili dari teman-teman mengucapkan “Selamat Hari Guru”

Kami hanya dapat berdoa, semoga Bapak dan Ibu guru yang kami cintai selalu berada dalam lindungan dan rahmat-Nya dan di limpahi Kesehatan, kesejahteraan, kebahagian, dan kesabaran lam mendidik kami
Akhirnya, Saya mohon maaf jika ada kata yang salah atau tidak berkenan.  Sekian dan Terima Kasih.
Wassalamualaikum wr.wb.
Pidato HaRI Guru Lengkap
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bpk,Ibu guru yang saya Hormati, dan para siswa yang kami banggakan,
Alhamdulillah, puji dan syukur, marilah kita panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Penyayang, sehingga pada pagi hari ini, kita masih diberikan beragam nikmat; nikmat kesehatan, nikmat semangat, nikmat menghirup udara yang segar, dan banyaknya nikmat lain yang tidak dapat kita sebutkan satu persatu.
Hari ini, kita melaksanakan upacara bendera dalam rangka kita memperingati Hari Guru Nasional ke-21 yang jatuh pada tgl 9 November dan HUT ke 69 PGRI yang jatuh pada tgl 25 November. Seluruh guru Indonesia memiliki satu perasaan yang sama, tujuan yang sama, yaitu perjuangan mencerdaskan bangsa. Perasaan suka cita karena hari nasional para guru Indonesia, hari di mana para guru dikenang oleh segenap anak bangsa dari seluruh penjuru tanah air karena jasa-jasanya, semoga para guru diberikan kemudahan hidup, agar senantiasa bersinar cemerlang, membagi pengetahuan dan kebaikan untuk mencerdaskan pelajar Indonesia dalam sistem pendidikan yang berkualitas sesuai dengan yang diamanatkan oleh UUD 1945.
Untuk diketahui bersama, bahwa hari guru juga dirayakan oleh setiap negara di dunia, bahkan kita memiliki Hari Guru Internasional yang diperingati setiap tgl 5 Oktober. Oleh karena itu dalam menyambut, merayakan dan memperingati Guru Hari Nasional Th 2014, saya mengajak kita semua untuk kita jadikan mementum berharga dan memaknai secara utuh dan mendalam bahwa guru adalah pahlawan beribu jasa, sesuai dengan motto merangkai kata penuh pengabdian “Tut Wuri Handayani”
Jabatan guru dapat dikatakan sebuah profesi karena menjadi seorang guru dituntut suatu keahlian tertentu (mengajar, mengelola kelas, merancang pengajaran) dan dari pekerjaan ini seseorang dapat memperoleh nafkah bagi kehidupan selanjutnya. Hal ini berlaku sama pada pekerjaan lain. Namun dalam perjalanan selanjutnya, mengapa profesi guru menjadi berbeda dari pekerjaan lain. Menurut artikel “The Limit of Teaching Proffession,” (Jenis Profesi Pengajaran), profesi guru termasuk ke dalam profesi khusus selain dokter. Kekhususannya bahwa hakekatnya terjadi dalam suatu bentuk pelayanan manusia atau masyarakat. Orang yang menjalankan profesi ini hendaknya menyadari, bahwa hakeket profesinya menuntut agar bukan nafkah hidup itulah yang menjadi motivasi utamanya, melainkan kesediaannya untuk melayani sesama.
Di lain pihak profesi guru juga disebut sebagai profesi yang luhur. Dalam hal ini, perlu disadari bahwa seorang guru dalam melaksanakan profesinya dituntut adanya budi luhur dan akhlak yang tinggi. Atau dengan kata lain hakikat profesi luhur adalah pengabdian kemanusiaan.
Setiap guru seharusnya mengetahui peranan dan tugas mereka secara terperinci jika mereka ingin berusaha melakukan dan menghasilkan pengajaran yang berkesan. Di antara tugas seorang guru ialah :
  1. Menyampaikan ilmu pengetahuan
  2. Menyampaikan pesan
  3. Memberi keahlian
  4. Memupuk nilai-nilai luhur sebagaimana yang telah disebutkan di atas.
  5. Sebagai pembimbing, pendidik, pembaharu, teladan, pemberi petunjuk dan sebagainya.
Jelas menunjukkan bahwa menjadi seorang guru merupakan satu tugas dan peranan yang agak berat. Sebenarnya, jika di anggap tugas itu berat, maka beratlah. Jika diterima sebagai satu tugas dan tanggungjawab dengan cara yang positif, maka mudahlah.
Bpk,Ibu guru yang saya hormati
Kewajiban guru sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 74 tentang Guru Pasal 52 ayat (1) mencakup kegiatan pokok yaitu; (1). merencanakan pembelajaran, (2). melaksanakan pembelajaran, (3). menilai hasil pembelajaran, (4). membimbing dan melatih peserta didik, serta (5). melaksanakan tugas tambahan yang melekat pada pelaksanaan tugas pokok. misalnya menjadi pembina pramuka, pembimbing kegiatan karya ilmiah remaja, pembina imtaq, pembina kesiswaan, dan kegiatan ektrakurikuler lainnya.
Dalam melaksanakan tugas pokok yang terkait langsung dengan proses pembelajaran, idealnya guru hanya melaksanakan tugas / mengampu 1 (satu) jenis mata pelajaran, sesuai dengan kewenangan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikannya serta dalam sertifikat pendidiknya. Di samping itu, guru juga akan terlibat dalam kegiatan manajerial sekolah antara lain; penyusunan kurikulum dan perangkatnya, Ujian Nasional (UN), ujian sekolah (US), dan kegiatan lain. Tugas guru dalam manajemen sekolah tersebut secara spesifik ditentukan oleh manajemen sekolah tempat guru bertugas.
Sistem pendidikan berkualitas hanya akan terujud apabila dikelola oleh guru profesional di dalamnya, memiliki kompetensi yang memadai. Guru sebagai agen pembelajaran dan agen pembaharuan, diharapkan memiliki empat (4) kompetensi yakni; (1) kompetensi pedagogik yang merupakan kemampuan para guru dalam mengelola pembelajaran, agar kelak mampu mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliknya; (2).kompetensi sosial menunjukkan kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik dan masyarakat,(3) kompetensi kepribadian yang bermakna karakteristik. Pribadi guru harus menjadi teladan bagi peserta didik dan memiliki akhlak mulia; dan (4) kompetensi profesional yang merupakan kemampuan guru dalam penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan mereka membimbing peserta didik dalam menguasai materi yang diajarkan sesuai dengan kulifikasi akademik yang diampu.
Betapa sesungguhnya para guru Indonesia memiliki banyak tuntutan kemampuan secara profesional, semata-mata untuk perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan. Kita semua mencintai para guru, mencintai profesi guru, kita semua berterima kasih atas segala pengabdian dan dedikasi para guru yang mengantarkan kita menapaki masa depan menuju cita-cita.
Hari ini para guru Indonesia mengenakan seragam dengan lambang PGRI di baju. Dua pelita yang terlihat di kanan, kiri dada baju ini, melambangkan pelita yang ada di dada setiap guru, khususnya guru SMP Neg. 2 Utan yang menerangi kehidupan siswa, generasi bangsa Indonesia, dan menuntunnya menuju masa depan yang lebih baik.
Bapak, Ibu guru yang dimuliakan oleh Allah,
Menjadi seorang guru, kita patut digugu dan ditiru, karena hakekat para guru luar biasa mulianya. Ucapan seorang guru adalah ucapan yang harus dapat dipercaya, karena benar, faktual, dapat dipertanggungjawabkan, baik di hadapan sang Khalik dan manusia. Ucapan dan perbuatannya dilakukan menjadi contoh bagi peserta didik dan masyarakat. Seorang guru hendaknya lebih mawas diri dalam berfikir dan bertindak. Guru yang berilmu padi, makin berilmu, makin merunduk, tunduk pada aturan yang berlaku, tunduk pada Kemahaluasan Pengetahuan Semesta, Rabb Yang Maha Hebat, Yang Maha Kuasa, Yang Maha menurunkan rahmat kebaikan untuk kita semua. Untuk itu kita para guru, sebagai manusia biasa yang tidak sempurna, marilah setiap hari kita melakukan evaluasi diri, perbaikan diri, dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab, menyempurnakan kepribadian kita, memantapkan langkah kita, agar menjadi guru yang lebih baik.
Para siswa yang kami banggakan,
Sebagai siswa sepatutnya kita berterima kasih kepada bapak/ibu guru yang tulus, dan ikhlas, yang telah mengantarkan kita menuju jalan kebaikan hidup, dengan senantiasa mengajar, mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih sampai dengan menilai dan mengevaluasi, sesuai dengan tugas guru yang diemban. Kita ingin menjadi bangsa yang maju dan bermartabat, unggul dan berdaya saing. Kita ingin hidup lebih baik, dan kita juga ingin menyumbangkan sesuatu yang terbaik kelak untuk masyarakat. Bila kita ingin negara yang maju, bangsa yang bermartabat, bangsa yang cerdas dan memiliki peradaban, bangsa yang memiliki sopan santun, bangsa yang menang dalam globalisasi, maka jawabannya adalah mari tingkatkan pendidikan dengan belajar sungguh-sungguh dan dengan memuliakan para guru kita.
Berkaitan dengan Hari Guru tahun 2014 ini, maka kami mencoba untuk menghadirkan momen yang berbeda dari upacara kita pada setiap hari senin. Pada hari ini, Bpk/Ibu guru berpartisipasi aktif sebagai petugas upacara pada hari guru ini, dan telah kita saksikan bersama. Mari kita berikan apresiasi untuk semua guru SMP Neg 2 Utan.
Terima kasih kepada, bapak/ibu guru, yang telah berpartisipasi aktif dan membanggakan. Saya bangga bergaul bersama, berjuang yang sama, di tempat yang sama pula, yaitu perjuangan membangun sekolah ini ke arah yang lebih baik,, membangun generasi bangsa. Dan saya merasa Allah memberikan anugrah kebaikan yang tak henti untuk kita semua. Alhamdulillah.
Selain itu juga saya ingin memotret, sejauh mana apresiasi siswa terhadap para guru SMP Negeri 2 Utan. Siapakah guru yang difavoriti oleh sebagian besar para siswa, untuk menentukan satu guru yang sangat unggul sebagai guru favorit, dengan indikator dan penilaian yang objektif, sebab menurut mereka, para guru masing-masing memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.
Mudah-mudahan menjadi catatan tersendiri, bahwa siswa telah diberi haknya untuk memilih guru favorit siswa tahun 2014, mudah-mudahan program pemilihan guru favorit siswa terus berlajut pada tahun-tahun yang akan datang. Insya Allah.
Demikianlah amanat pada hari ini, dalam rangka mempertingati Hari Guru Nasional ke-21, sekaligus HUT ke-69 PGRI th 2014. Semoga kita semua menjadi anak-anak bangsa yang pandai bersyukur dan memuliakan guru, sehingga hidup kita akan lebih berarti dan mulia di hadapan Allah Yang Maha Mulia.
Terima kasih, dan mohon maaf atas segala kekurangan, semoga Allah senantiasa menuntun kita dalam kebaikan, memajukan pendidikan Indonesia, yang kita awali dengan membangun pendidikan yang bermutu, yang berkualitas di SMP Negeri 2 Utan yang kita cintai ini, sehinga kita mampu berbicara di tingkat kabupaten, Provinsi, bahkan mungkin di tingkat nasional, Amin, amin, ya Rabbal Alamin.
Selamat merayakan hari guru, selamat dan sukses untuk kita semua para guru, staf tata usaha, dan siswa SMP Negeri 2 Utan. Mudah-mudahan Allah SWT,Tuhan Yang Maha Rahman dan Rahim selalu menyertai dan meridhoi pengabdian kita.
Sekian dan teriama kasih atas perhatiannya, dan mohon maaf atas segala kekurangannya. Usikum Wanafsih BitaQwallah
Wassalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Ucapan Selamat Hari Guru 


SMS VERSI 1
Adakala..
Kita dicaci,
Kita dimusuhi, kita tidak dihargai,
Tapi..
Kita kan tetap tersenyum walaupun dalam pilu,
Kita kan tetap melangkah biarpun hampir rebah,
Kita kan tetap tekun, ikhlas dan sabar meskipun hati tercalar dan maruah tercabar,
‘SELAMAT HARI GURU’
**(sms di kalangan sesama guru.)
SMS VERSI 2
Guru oh guru..
Bila murid duduk.. Cikgu berdiri..
Bila murid diseligi.. Cikgu pulak kena gari..
Murid datang naik BMW 7 siri.. Cikgu datang naik Myvi..
Murid dah dewasa jadi YB, Cikgu tetap begini..
Namun begitu.., Di dunia cikgu berbakti,
Moga di akhirat, syurga tempat cikgu kekal abadi..
‘SELAMAT HARI GURU’
SMS VERSI 3
Mak cakap cikgu macam MAGGI,
Makanan rutin di waktu susah..
Ayah cakap cikgu macam D SEEKERS,
Garang dan menakutkan..
Atuk cakap cikgu macam ASTRO,
Macam-macam ada..
Tapi saya cakap cikgu macam LOREAL,
Kerana dirimu begitu berharga..
SELAMAT HARI GURU.
SMS VERSI 4
Guru..
Dalam ajarnya ada harapan,
Dalam tegurnya ada doa,
Dalam marahnya ada sayang,
Dalam tawanya ada mesra,
Dalam diam ada bijaksana,
Dalam tangannya, kita terbina,
SELAMAT HARI GURU.. Moga ceria, sukses & dilindungiNYA
SMS VERSI 5
Macam mana nak kenal guru?
Garang orangnya, itulah guru disiplin..
Penyayang orangnya, itulah guru prasekolah..
Sabar orangnya, itulah guru pendidikan khas..
Sentiasa cool & tak pernah marah, itulah guru kaunseling..
Petah berucap, itulah guru besar..
Pelik orangnya, itulah guru pendidikan seni..
Gelap orangnya, itulah guru pendidikan jasmani..
Warak orangnya, itulah guru agama..
Sopan orangnya, itulah guru pendidikan sivik..
Berbahasa orangnya, itulah guru Bahasa Malaysia..
Berseni bahasanya, itulah guru sastera..
Walau siapa pun dia.. dia tetap berjasa..
SELAMAT HARI GURU..
SMS VERSI 6
Dulu, murid hormat & takut guru..
Kini, guru takut murid.
Dulu, guru chalk n talk,
Kini, guru kena slow talk.
Dulu, guru boleh claim,
Kini, guru tak boleh complain.
Dulu, Hari Guru dapat wang saku,
Kini, Hari Guru dapat ‘penyapu’ ( kena gotong-royong)
SELAMAT HARI GURU

DP BBM Hari Guru
 Ucapan Selamat  Hari Guru


 Demikianlah Ucapan Selamat hari guru Semoga bermanfaat terimakasih. 
Facebook Twitter Google+
Back To Top